Friday 26 April 2013

TEKNIK TEKSTIL


TENTANG TEKNIK TEKSTIL

Lagi pengen share nih tentang jurusan TEKNIK TEKSTIL yang saya tempuh strata 1 saat ini. Mungkin masa sekarang sudah banyak siswa sekolah yang tidak tau tentang TEKNIK TEKSTIL, apa itu TEKNIK TEKSTIL, ada apa aja didalamnya dan prospek kerjanya seperti apa.
Saya maklumi karena memang saya dulu juga pernah seperti itu. Tidak tau sama sekali apa itu TEKNIK TEKSTIL sebelum saya masuk di Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia. Saya terdaftar sebagai mahasiswa S1 Teknik Kimia dan TEKNIK TEKSTIL FTI UII angkatan 2011 sebagai mahasiswa beasiswa santri unggulan dari BKLN yang memberikan beasiswa kepada santri untuk melanjutkan studi di beberapa perguruan tinggi di Indonesia baik itu swasta maupun negeri dan mengcover seluruh biaya kuliah selama masa studi hingga lulus.

Setelah mengikuti selama satu smester kuliah saya mulai mengerti tentang TEKNIK TEKSTIL, dimana pada saat smester 3 saya sudah mulai mengambil konsentrasi TEKNIK TEKSTIL. TEKNIK TEKSTIL itu ialah salah satu konsentrasi dalam Fakultas Teknologi Industri UII yang mempelajari tentang proses manufaktur tekstil dan produksi tekstil dengan engineeering toolsnya, antara lain material/ product densities, fisika/ struktur mekanik, kimia/ mekanika treatment (persiapan bahan) dan kemampuan perancangan proses dan pabrik, perancangan peralatan skala pilot (pilot plant) uji coba dan scaling up peralatan serta analisis ekonomis. Analisis ekonomi dilakukan mulai dari pemilihan dan pengadaan bahan baku, biaya produksi, dan pemasaran sehingga dapat diperoleh kepastian bahwa barang yang diproduksi bisa dijual dengan memperoleh keuntungan.

PROSES PEMBUATAN BENANG
PERUSAHAAN TEKSTIL


Jadi lulusan TEKNIK TEKSTIL itu nantinyan akan mampu menyusun dan melaksanakan perencanaan produksi, memberikan petunjuk cara kerja dalam proses produksi dan cara penyetelan mesin-mesin produksi, mampu melaksanakan pengendalian proses dan mutu, ia mampu mengevaluasi hasil produksi, mampu memelihara peralatan produksi dan serta mengelola suatu unit produksi.(sttt.tekstil)


Sederhananya menurut pengertian umum seorang sarjana tekstil mampu membuat perusahaan tekstil dan memahami serta menguasai segala aspek didalam perusahaannya sereta mampu memanajemen perusahaan tersebut. ,untuk memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat dan bermanfaat dalam pembangunan bangsa.



Mahasiswa TEKNIK TEKSTIL FTI UII 2011 bersama Alumni dan dosen di pabrik Primissima

So, itu dulu tentang TEKNIK TEKSTIL. Lain kali akan saya share lebih banyak tentang TEKNIK TEKSTIL.
Terimakasih, semoga bermanfaat.

5 komentar:

  1. Artikel yang sangat menarik tentang dunia tekstil ini dapat menambah wawasan kita.
    Untuk Anda yang bergelut di dunia Tekstil Awas Jangan Sampai Salah Warna! Gunakan segera buku Panduan Warna PANTONE Fashion+Home/TPX atau PANTONE Cotton Passport/TCX, silahkan kinjungi http://WarnaPantone.Com untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. Semoga bisa bermanfaat.....

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. loker nih.butuh urgent jurusab textil kimia nih

    ReplyDelete

anggamadi@gmail.com